Percaya atau tidak !!!!!!!. Prodak kelompok tani sukses berawal dari sebuah kemasan

Percaya atau tidak, sebuah kemasan bisa mendongkrak harga jual suatu produk.Banyak pengusaha makanan ringan [keripik singkong misalnya], mereka hanya melakukan ‘repackaging’ saja. Tentunya dengan berbagai persyaratan standar si pengusaha agar produk tsb. bisa memiliki nilai jual. Kemudian dengan kehebatannya & kepiawaiannya di bidang pemasaran [marketing], keripik singkong yang berasal dari home industry tsb. mampu menembus pasar di supermarket.

Bahkan dijadikan sediaan oleh-oleh khas daerah tertentu. Lagi-lagi yang namanya pengusaha selalu berhasil memanfaatkan peluang lalu mengemas sedemikian rupa produk makanan tsb. sehingga akhirnya bisa mendapatkan nilai tambah.
begitu pula contoh teman kami sebagai pengurus kelompok tani bersama, bisa mengembankan prodak unggulannya yaitu dengan kemasan merek dagang Danautoba kopi luwak prodaknya bisa mencapai manca negara, sehingga prodak laku petani maju.
Tentunya, masih banyak lagi contoh bagaimana seorang pengusaha yang tidak perlu punya pabrik. Tapi cukup dengan membangun merek atau brand, kemasan, jaringan pemasaran, dsb. ujung-ujungnya bisa meraih keuntungan yang lebih besar daripada si produsennya. Inilah liku-liku dunia usaha. Keuntungan terbesar selalu berada di tangan siapa saja yang mampu bekerja cerdas.

Dari contoh ilustrasi di atas, yang namanya kemasan atau packaging menjadi salah satu unsur yang sangat penting bagi produk milik Anda..
Namun sayangnya tidak semua pelaku bisnis menyadari bahwa kemasan produk yang mereka tawarkan ternyata memberikan pengaruh besar terhadap angka penjualan produk mereka. Apalagi para pelaku usaha kecil yang saat ini banyak bermunculan, mereka hanya fokus untuk menciptakan suatu produk namun tidak memperhatikan kemasan produk yang digunakannya. Kemasan yang sering digunakan hanyalah kemasan plastik biasa yang tidak berbeda dengan pelaku bisnis lain.

Tahukah anda, sebagian besar alasan para konsumen saat memilih produk, sebab mereka tertarik dengan kemasan produk yang unik dan menarik. Jika para konsumen telah tertarik dengan kemasan produk yang Anda tawarkan, peluang usaha Anda untuk meraih kesuksesan pun telah di depan mata. Karena Anda telah berhasil memberikan kesan pertama yang menarik bagi para konsumen untuk lebih loyal terhadap produk tersebut, sehingga tidak diragukan lagi bahwa peningkatan angka jual pun juga akan dialami usaha ini.
Meskipun kemasan produk menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif, namun harus diperhatikan pula desain dan bentuk kemasan yang diminati para konsumen. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan produk :

1. Ciptakan kemasan produk yang unik dan menarik
2. Sesuaikan desain kemasan dengan isi produk
3. Ciptakan kemasan dalam berbagai ukuran
4. Pilih kemasan yang dapat didaur ulang
5. Sesuaikan kemasan dengan karakter konsumen

maka dari packaging tsb. akan terefleksi identifikasi merek produk yang dijual tsb., tersirat pula janji dari produk tsb., kualitas, nilai, benefit yang ditawarkan, dsb
Dan dari situ pula lah seorang konsumen mempertimbangkan untuk membeli atau tidak produk yang ditawarkan. Jadi yang namanya packaging merupakan hal yang sering dianggap sepele tapi besar pengaruhnya terhadap kelangsungan usaha anda. Mulai saat ini, para pengusaha kecil sebaiknya mulai mempertimbangkan hal ini

1 komentar:

betul itu, saya sangat sepakat. penampilan bukan yang utama akan tetapi sangat berpengaruh dan mempengaruhi prilaku pasar.

Post a Comment

Anda terbantu dengan materi ini, atau anda punya pengalaman lain tentang materi ini mari kita sering informasi dengan berkomentar di bawah ini, komentar anda merupakan guru bagi saya