Sejarah Domba Garut

Domba Garut merupakan salah satu aset plasma nutfah unggulan Jawa Barat. Sangat penting untuk dikonservasi, dilestarikan, dan dikembangkan agar diperoleh manfaat yang berkesinambungan untuk produksi yang bernilai ekonomis. ASAL USUL DOMBA GARUT VERSI PERTAMA : 1864 : Pemerintah Hindia Belanda memasukkan beberapa ekor Domba Merino dan pemeliharaannya diserahkan pada KF Holle 1869 : Domba-domba tersebut dibawa ke Kabupaten Garut dan disebarkan ke beberapa penggemar domba antara lain kepada Bupati Limbangan (satu pasang) dan kepada Van Nispen 1 ekor pejantan dan kebetulan mempunyai seekor domba Kaapstad. Disebarkan pula ke beberapa daerah lain seperti Kabupaten Sumedang, Bandung dan Garut (Merkens dan Soemirat, 1926) Penyebaran tersebut merupakan cikal bakal terbentuknya ras Domba Priangan. Terjadi persilangan yang terus menerus tanpa rencana dan arah yang jelas antara : – Domba Merino X Domba Lokal – Domba Merino X Domba Lokal X Domba Kaapstad VERSI KEDUA : Domba Garut merupakan domba asli dari Kabupaten Garut, yaitu dari daerah Cibuluh, Cikandang dan Cikeris (Kec. Cikajang) serta Kecamatan Wanaraja Didasari oleh sisi : - Historis - Genetik - Anatomis - Kekhasan penciri - Populasi secara faktual Historis : Telah ditemukannnya relief domba di Candi Sewu Prambanan, (sekitar 800 m dari Candi Prambanan) dan Borobudur. Genetik : muka putih dan muka hitam serta ekor tipis dan ekor gemuk Anatomis : postur tubuh yang lebih besar ke arah depan Kekhasan penciri : kombinasi telinga dan ekor Populasi secara faktual : Populasi domba di Jawa Barat tinggi PERKEMBANGAN DOMBA GARUT MENJADI DOMBA TANGKAS Akhir abad 18 – Awal abad 19 : - Menjadi hobi yang menarik bagi bocah angon - Mulai terjadi seleksi sederhana Tahun 1905 : Mulai diadakan pertandingan antar kampung di Wilayah Kabupaten Sumedang dan Bandung Selatan. 7 KEUNGGULAN DOMBA GARUT : - Plasma Nutfah Asli Jawa Barat - Prolifikasi Tinggi - Penggerak Ekonomi Kerakyatan - Kualitas Daging Sangat Baik - Kualitas Kulit Terbaik - Agresifitas Paling Tinggi - Memiliki Nilai Artistik PROSPEK BETERNAK DOMBA GARUT - Merupakan ternak yang mempunyai daya adaptasi tinggi - Prolifik - Mudah dalam pemberian pakan - Permintaan untuk Hewan Aqiqah dan Hewan Qurban cukup tinggi - Bisa dijadikan sebagai ternak fancy (Domba Garut yang dijadikan Domba Tangkas) Terlepas dari pro dan kontra Seni Ketangkasan Domba Garut sebagai salah satu plasma nutfah unggulan Jawa Barat sangat potensial dan layak untuk dijaga kelestariannya serta dikembangkan karena dapat menjadi salah satu komoditas yang mampu memberikan manfaat ekonomi bagi peternak.

1 komentar:

This post is having a perfect explanation about this topic. Key point of this post is valuable information. Many things are now clear to me. I am thankful for this post.

Post a Comment

Anda terbantu dengan materi ini, atau anda punya pengalaman lain tentang materi ini mari kita sering informasi dengan berkomentar di bawah ini, komentar anda merupakan guru bagi saya