Manpukah gabungan kelompoktani mensentralkan suatu prodak di wilayahnya

Gapoktan yang merupakan suatu wadah gabungan dari berbagai kelompoktani dari sebuah wilayah desa seharusnya merupakan sumber dari segala informasi bagi kelompok tani yang ada. Oleh karena itu selain hanya sebagai sumber informasi tentang berbagai kemajuan kelompoktani. sudahkan hal ini dilakukan oleh para gapoktan ?. . . . . . .ah.
 baik pertemuan yang berkala dengan kelompok tani maupun pembinaan dari segi administrasi kelompok dan perkembangan bisnis pertanian didaerahnya ?.
Padahal Gapoktan sangatlah berpeluang untuk membangun sebuah agribisnis yang berpotensi diwilayah tersebut, kenapa hal ini susah sekali untuk di laksanakan, . . . . . ? apakah memang para petani belum sadar betapa pentingnya sebuah kelompoktani, atau memang belum dirasakan nya manfaat berkelompok ?
atau kerena terbiasa bahwa berkelompok hanya untuk kepentingan bantuan saja ?    .ngak tahu!!!
atau telah lunturnya nilai nilai luhur para petani di kita ini  (kesadaran, kejujuran, keiklasan, kepercayaan dan sebagainya yang berhubungan dengan moral manusia.
Mampuhkah gapoktan membangun sebuah Agribisnis ?, apakah di desa tidak berpotensi untuk dikembangkan
silahkan anda berkomentar apa yang harus kita lakukan untuk memajukan Gapoktan ?

0 komentar:

Post a Comment

Anda terbantu dengan materi ini, atau anda punya pengalaman lain tentang materi ini mari kita sering informasi dengan berkomentar di bawah ini, komentar anda merupakan guru bagi saya